Wednesday, June 15, 2016

Cara Mempercepat Startup Windows Melalui Ms. Config

 


     Setiap pengguna windows selalu menginginkan laptop / pc yang digunakan memiliki kinerja yang cepat saat proses loading startup, yaitu saat pertama kali dinyalakan ataupun di-restart ulang. Dengan performa startup yang bagus, otomatis tidak perlu menunggu lama untuk mengerjakan berbagai tugas, apalagi jika waktu yang dibutuhkan mepet sekali, misalnya mau kirim email yang sangat urgent ke seseorang karena sedang ditungguin.
Banyaknya program yang anda install menjadi penyebab utama komputer anda bermasalah saat booting / start-up tanpa anda ketahui sebelumnya. Karena itu jika saat ini anda belum tahu bagaimana mengatasi komputer lelet, di halaman ini anda akan tahu bagimana melakukan setingan program yang diinstall, agar tidak masuk ke "daftar proses startup".
Jika nanti belum sempat baca lagi, baca aja besok tips lain untuk mempercepat windows melalui services:
Matikan Service Yang Tidak Perlu - Tips Untuk Mempercepat Kinerja Laptop (PC) Anda
Sebenarnya caranya pun sangat mudah dan bisa anda lakukan setingan sendiri tanpa meminta bantuan ke orang lain yang pandai oprek komputer. Yang anda perlukan hanya menonaktifkan daftar program-program yang tidak perlu aktif selama proses startup sedang berlangsung.
Berikut merupakan cara untuk mengatasi laptop lambat. Cara ini bisa anda lakukan pada windows yang saat ini anda gunakan apakah itu windows 10, windows 8.1, windows 8, ataupun windows 7 dan windows xp.
  1. Ketik run pada kotak pencarian Start menu Windows. Pada kotak dialog run, ketik msconfig . kemudian tekanEnter cara-meningkatkan-kinerja-pc-laptop-melalui-msconfig
  2. Lakukan setingan progran apa saja yang akan dinonaktifkan pada saat start up dengan cara menghilangkan tanda centangnya. cara-mempercepat-startup-windows-pada-laptop-komputer
  3. Restart laptopnya; klik Restart cara-mempercepat-booting-windows
Ms config itu sendiri merupakan utility windows yang pertama kali diperkenalkan di windows 98, dan untuk versi wndows-windows berikutnya selalu ada fitur ini. Ia berfungsi untuk mengatur konfigurasi / setting bagaimana komputer windows menyala, program dan service apa saja yang berjalan saat windows  mulai aktif. Semua pengguna windows dapat memanfaat fitur ini sebaik-baiknya.

Itulah tips cara mempercepat startup windows pada laptop ataupun pc, yang bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi komputer. Setelah melakukan restart ulang maka anda akan lebih cepat login windows dari pada sebelumnya.