Sunday, October 8, 2017

10 Situs Tempat Belajar Ngeblog untuk Pemula sampai menjadi Blogger Sukses

Situs Tempat Belajar Ngeblog untuk Pemula
“Belajarlah sampai ke Negeri Cina”. Ini adalah salah satu motifasi dalam belajar. Sejauh apapun jika ilmu itu ada disana maka kejarlah walau sampai ke negeri Cina. Kata kuncinya “Butuh Ilmu”.
Sama halnya dalam dunia blogging. Blogger pemula harus belajar kepada mereka yang lebih dulu menekuni blogging. Jika sobat tau ilmunya, trial dan error tidak akan sebanyak jika belajar otodidak tanpa ada bimbingan (tutorial).

Di bawah ini ada 10 situs rekomendasi untuk belajar ngeblog. Urutannya bukan berdasarkan kualitas blognya tetapi saya urutkan berdasarkan pertamakali saya belajar ngeblog.

1. Contohblog.com – Blogger
Contohblog atau blog CB dibuat pada Juli 2012. Blog ini berisi banyak sekali tips seputar dunia blogging seperti tips SEO, Adsense, Template dan juga ada layanan premium. Di blog ini menyediakan banyak template gratis dan berbayar. Harga template premium berkisar antara 100 – 150 ribu. Kalau dilihat dari template yang dijual, admin CB ini sepertinya ahli dalam design blog.
Pertama kali saya menemukan blog ini tahun lalu waktu belajar otak atik template blog. Lumayan banyak tips yang bisa saya praktekan dari blog CB.

Review blog  : Tips SEO, Adsense, Template gratis dan berbayar, Jasa buat blog

2. Sugeng.id – Wordpress
Sugeng.id adalah blog personal milik mas Sugeng Riyadi yang dibuat sekitar tahun 2011. Blog mas sugeng ini berisi tentang panduan dan tutorial blog. Yang paling dikenal dari mas sugeng ini adalah template buatannya yaitu evo magz yang sekarang sudah versi 4.
Saya mengenal mas sugeng malalui panduan ngeblognya. Tulisan dan panduannya mudah dipahami dan dipraktekan.

Review blog  : Panduan ngeblog dari pemula sampai bisa menghasilkan uang

3. Panduanim.com - Wordpress
Panduan internet marketing (panduanim) adalah blog milik mas Darmawan yang isinya tentang strategi pemasaran online. Fokus blognya banyak membahas tentang strategi konten marketing, toko online dan pembuatan webstie dengan wordpress.
Jika sobat ingin mahir dalam pembuatan konten blog. Panduanim adalah tempat pembelajaran yang cocok untuk pemula. Tulisanya sangat berbobot dan penuh dengan ilmu.

Review : Strategi membuat konten berkualitas, Belajar Wordpress.org

4. Blogodolar.com - wordpress
Blogdolar adalah blog pribadi milik Herman Yudiono atau biasa disapa kang Yudi. Blogdolar berisi tips dan trik dalam dunia bloging versi kang Yudi. Jadi, banyak penglaman beliau yang ditulis di blog ini.
Ada beberapa artikel blogodolar yang menurut saya sangat bermanfat bagi saya pribadi, yaitu tentang study kasus blog dan catatan seorang full time blogger. Semangat saya akan muncul lagi kalau membaca artikelnya.

5. Strukturkode.blogspot.co.id - blogger
Dari beberapa blog yang rutin saya kunjungi, hanya blog ini yang masih menggunakan domain bawaan blogger (blogspot). Memang terkesan kurang professional kalau hanya dibaca sekilas dari domainya.
Meski menggunakan domain gratisan, strukturkode memilki banyak artkel yang bermanfaat tenang dunia blogging. Tulisannya panjang dan dijabarkan secarat detail disetiap artikel yang dibahas.

Review : Tips blogging, SEO, Bisnis online

6. Forumblogindo.com - blogger
Forumblogindo adalah blog pribadi yang berisi tips dan trik bloging. Jadi bukan FORUM seperti yang dibayangkan ya sob.. Sama seperti Contohblog, forumblogindo menyediakan template gratis dan berbayar. Selain itu, ada juga jasa review artikel.

Review : Tips blogging, SEO, Template gratis dan berbayar, Jasa review

7. Portal-uang.com - Wordpress
Portaluang adalah blog yang membahas bagaimana caranya menghasilkan uang dari internet. Bermacam macam pembahasanya, dari masalah konten sampai blog adsense. Yang saya sukai dari blog ini adalah pada pembahaan tips sukses monetisasi blog.

8. Rohadiright.com - Wordpress
Rohadiright adalah blog pribadi yang membahas SEO dan internet marketing. Ada banyak tips dan trik bloging yang dibagikan di blog ini. Mulai dari adsense, toko online, Panduan GSA SER, dan juga bahasan tentang PBN.
Blog ini jarang diupdate. Tapi sekali update pembahasanya panjang x lebar.

9. Juragancipir.com – Wordpress
Juragancipir adalah blog pribadi milik mbak Indri Lidiawati, beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang hobi menulis. Melalui blognya, mbak indri membagikan tips seputar dunia blogging yang pernah dipelajarinya. Bloger pemula biasanya sering berkunjung ke juragan cipir karena mbk indri ini rajin menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Review : Admin rajin menjawab pertanyaan, Blog ada forum diskusinya, menerima tulisan

10. Arlinadzgn.com
Arlina design adalah blog pribadi yang berisi tentanga tips blogger, SEO, dan template. Sesuai nama domainya, sebagian besar isi blog adalah difokuskan untuk belajar design blog. Bagi pemula yang ingin belajar otak atik blog, disinilah tempatnya. Ada banyak tips dan trik yang disahre untuk dipraktekan.

Visitor baik, selalu tinggalkan jejak.
Silahkan komen yang relevan & tidak berlebihan, tidak berbau SARA & Pornografi, tidak mengandung promosi.
^ _ ^ Happy Blogging !
EmoticonEmoticon